Balada Makan

Good morning dear friends! Hari ini blog aku bakal bahas soal parenting lagi yah. Yang remaja-remaja mohon tunggu ya, udah siapin topik hot buat kalian juga kok 😆

Nahh hari ini temanya Balada Makan.

Aku yakin ini dialami sama 80% parents out there. Iyaah soalnya kalo aku curhat ke orang tua dan dokter pasti bilangnya "Loh anak susah makan itu umum. Kalo ada anak kecil yang makannya cepet banget itu cuman sebagian kecil"

Jadi aku merasa sedikit lega dong karena ini wajar umum dan dialami banyak parents. Cuman, walaupun ini wajar dan umum, tentunya kita ngga bisa diemin aja yah. Nanti anaknya jadi kurang gizi.

Jadi aku rajin banget loh browsing info gimana mengatasi anak GTM (gerakan tutup mulut), nambah nafsu makan baby, sampai aku itu kepoin instagram selebgram babies. Beli semua produk yang mereka bilang oke oke oke 😊

Nah di sini aku mau sedikit curhat kalo akirnya aku ngeh yahh banyak yang cuman "memoles" dan reviewnya subjektif sekali. Mungkin para mommies yang handle account bisa bikin lebih jujur. If you're not sure juga tinggal tulis aja dapet dari mana, ngga perlu review kalo ngga dialamin secara personal 😊 (maap ya kalo pedes. Soalnya semua endorse yang aku terima, walo dibayar, aku reviewnya jujur. Jelek aku bilang jelek, kurang aku bilang kurang. Aku ngga mau orang lain dirugikan. Mungkin dari sana aku jadi mematok standard tinggi juga untuk review dari orang lain)

Ini contohnya adalah Botol No Spill yang katanya baby ngga bisa minum pake sedotan kalo pake ini langsung bisa. Ajarin aja bentar.

Ya ampun aku ajarin konsisten rutin dan lama tetep aja ngga bisa. Lalu aku post dan temen-temen bilang "oh nooo kamu kemakan ads. Aku uda alamin sendiri. Ngga bisa itu. Kalo babynya uda ngerti baru pake itu lebih mudah. Lalu diubah pake No Spill biar babynya fasih baru pake lainnya bisa." Dan ini ngga cuman 1-2 orang loh. Even temen di Canada bilang hal yang sama.

Lalu kalo anak ngga mau makan, ganti peralatannya pake yg XXX. Dijamin lahap.

Iya peralatan yang cerah bikin anak penasaran. Bukan sama makanannya. Tapi sama peralatannya 😆 jadi adanya dia sibuk bikin main peralatan makan barunya dong. Makannya si tetep mogok 😝

Lalu snack A,B,C bisa bikin baby begini begitu secara cepat dan luar biasa dan lain sebagainya.

Tapi ya balik lagi ya bu ibu mungkin ada anak yang langsung ngaruh, langsung bisa belajar nyedot, langsung bisa mau makan lagi. Nah ini aku balikin aja ke wisdom masing-masing orang tua.

Nyatanya aku juga beli kok soalnya buat balikin nafsu makan dia, apa aja akan aku lakuin (selama itu bukan obat dan vitamin yang geje )

Lalu walo ngga secara nyata ngaruh, aku ambil positifnya yaitu ngga kebuang juga. Masih bisa digunakan buat peralatan makan. Yang makanan dan camilan masih bisa tetep buat snack yah.

Nahhh back to topic yah.

Jadi abis aku ganti semua peralatan makannya jadi warna warni dan lucu-lucu, ternyata si Darren masi aja mogok makan.

Akhirnya aku curhat lagi sama DSA nya dan minta vitamin nambah nafsu. Aku diresepin Zamel Drop.


Rasanya jeruk manis seger gitu. Dosisnya:

0.5ml untuk anak di bawah 1 tahun

1 ml untuk 1 tahun ke atas

Aku pake Zamel Drop ini rutin yah tiap hari selama 1 minggu. Akhirnya ada perubahan.

Darren mau makan walaupun lama.

Kalo aku pernah share dulu Darren pertama Mpasi lahap buanget. Mulai masuk ke nasi lembek makannya 1 jam. Apapun lauknya yah. Tapi dia ngga nangis dan ngga terpaksa. Emang lama soalnya sambil main ini itu.

Lalu sejak ganti nasi kasar, makannya 30 menit. Cepet. Paling lama 45 menit.

Lalu mogok makan. Dan sekarang balik makannya 1 jam 😝

Nah kalo anak susah makan, aku beneran saranin untuk konsultasi ke DSA ya moms. Ini karena mereka paling tau dan ngga akan kasih yang abal-abal.

Selain itu boleh juga kok ada sampingan hal lain sesuai wisdom dan kepercayaan mommies kayak misal ganti peralatan makan, pake minyak ikan dan lain sebagainya.

Lalu mungkin pada nanya "Mommy Darren mungkin picky eaters selama hamil?" The answer is NO mom. Aku makan segala sesuatu kok. Sayur buah susu, daging, ikan semua lahap. Aku mau make sure baby aku cukup gizi soalnya.

Nah pertanyaan lainnya adalah "Mommy, kalo anaknya makan 1 jam itu ngga baik. Makan ideal itu 30 menit. Lebihnya harus stop biar anak tau kapan waktunya makan dan kapan stop"

Yesss mommy. Ini bener banget. Ini juga dari hasil riset dan saran dokter.

Cuman untuk ini saya ada keyakinan berbeda. Kalo anaknya ngga pake nangis, ngga merasa terpaksa, hanya saja makannya emang lama, saya lebih setuju dia tetep habisin makannya. Soalnya emang dia mau dan bisa 😊

Beda cerita kalo uda disembur lalu nangis yah, emang mending berhenti soalnya anaknya juga uda ngga mau.

Ini cara saya đŸ™‚

"Mommy mungkin perlu atur jadwal makan. Jangan kasih susu diantaranya biar lahap"

Iya ni mom. Uda saya lakukan. Berikut jadwal Darren 12 bulan ya:

7.00 AM : Sarapan Nasi

9.30 AM : Napping, Susu 180ml

1.00 PM : Lunch Nasi, Buah

3.00 PM: Napping, Susu 150ml

6.30 PM: Dinner Nasi

9.30 PM: Sleep, Susu 90ml kadang 120ml

Mungkin mommy bakal bilang "Lahhh susunya kebanyakan mom." Atau bahkan ada yang bilang "susunya kurang mom itu, 1 tahun masih perlu minim 180ml x 3"

Percayalah mom, saya pernah nekatin Darren cm minum susu 2x aja, 1x saat napping dan cuma 30ml, lalu 1x saat mau bobok malem cm 90ml.

Dannnn tetep ngga mau makan. In between ngga saya kasih cemilan juga. Mau beneran dia kosongin perut buat lahap makan. Did not work.

Lalu DSA saya yang biasa bilang "Usia 1 tahun itu bukan Mpasi. Bukan pendamping. Tapi makanan pokok. Udah ikutin tabel 4 sehat 5 sempurna. Di mana susu hanya jadi pelengkap.

Jadi susu amat sangat sedikit tidak apa. Lauk buah sayur yang harus dibanyakin. Anak emang cenderung ngga mau nguyah dan makan karena susah. Belum lagi saat gigi numbuh. Maunya yang gampang, minum susu. Cukup dikenyot, telan, perut kenyang. Jadi perlu dilatih buat kunyah. Tapi kalo anak bisa makan lahap banyak dan minum tetep kenceng ya tidak masalah" – Susanto, DSA.

Lalu saya ada bawa lagi ke DSA lainnya karena saya ngga betah Darren tutup mulut ngga mau makan kan. DSA yang ini malah bilang "Anak dibawah 2 tahun itu gizinya susu. Kencengin aja susunya. Kalo udah 2 tahun baru ngga boleh" – Maria, DSA

Nahhh dilemma kan mom. Dokter prinsipnya juga beda-beda yah. Sama-sama spesialis loh. Sama-sama ternama di kota saya. Pasiennya sama-sama buanyakkkk..

Lalu saya ikutin yang mana?

Saat 13 bulan Darren jadwalnya:

3.00 AM: susu 120 ml

7.30 AM: nasi

10.00 AM: susu 180 ml

1.00 PM: nasi & buah

3.00 PM: susu 150 ml

6.30 PM: nasi 

8.00 PM: (kadang minta susu lagi 90 ml)

10.00 PM: susu 120 ml

Makannya uda lancar walau emang lama. Jadi makannya tetep banyak lalu minumnya tetep mau juga. Jadi aku lega 😊
Sebelum lancar balik normalpun akirnya aku buat keputusan: Yang penting Darren ngga kelaperan dan ada sedikit nasi daging dan sayur yang masuk.

Jadi aku ngga mematok berapa ml susu nya, berapa banyak karbonya. 


Artiket tadi ditulis saat darren 13 Bulan. Saat saya menambahkan tulisan ini, Darren sudah 16 bulan dan start GTM lagi.

Jadwal makan Darren sekarang:

3A.M: susu 120ml

8A.M: nasi

10.30 A.M: susu 230ml

1.30 P.M: nasi / snack

3.30 P.M: susu 230ml

6.00 P.M: nasi

8.00 P.M: susu 120ml

10.00 P.M: susu 120-150ml

Nasi Darren super dikit makannya. Saya selingin sama snack aja, roti / buah / yoghurt.

Ada kalanya dia malah maunya nasi putih doang tanpa lauk. Kalo secara dokter pasti salah yah.

Tapi daripada ngga makan, saya taburin nasinya dengan sayuran cincang halus + nutritional yeast.

Makannya saya kasih sebisa dia aja.

Sama di usia ini, Darren mintanya udah apa yang saya makan. Sedangkan makanan saya ngga sehat dengan banyak bumbu. Jadi saya yang makan makanan dia, dari piring saya. Jadi dia tinggal minta dan merasa "yeiiy aku makan makanan orang gede. Bukan makanan baby lagi"

Hahahahaha..

Last but not least pasti ada pertanyaan "Darren makan di high chair atau bebas main?"

Darren bebas main mom. Darren tingkat rasa bosennya tinggi. Kalo dia ga mau ya udah dia akan nangis dan baru bentar uda muntah semua.

Saya tau emang harus dilatih. Tapi saya merasa ini pengecualian buat anak saya.

Daripada dia nangis muntah, saya lebih suka kalo dia makannya happy. Even itu brati muterin 1 rumah sambil mainan.

Dulu saya juga makannya ngga duduk diem. Giliran uda gede dan waktunya makan sendiri juga otomatis bisa duduk diem (start usia 16 bulan dia duduk di meja kursi kecil yang saya belikan)

Jadi mom, Intinya dari topik Balada Makan adalah gimana kita mengenal anak kita dan buat suasana makan senyaman mungkin buat dia. Ini penting banget.

Karena dengan ego saya, dan ketakutan kurang gizi saat dia mogok, saya sering memaksa daripada memberi suasana nyaman.  Kadang saking stress dia nangis ngga mau buka mulut dan makan, akhirnya saya stop dan kasih susu aja.

Bukan ngajari dia perlahan dan tetep bikin suasana kondusif.

Jadi mommy ini beneran lifetime learning ya 😆 Soalnya anak beda-beda. Jadi yah harus disesuaikan masing-masing.

Semoga para parents out there bisa terus semangat yaaaa. Ngga give up dan ngga force juga anaknya.

Anak happy bunda senang.

Dannn sebagai kata pamungkas, Badai pasti berlalu mom. Saat ini mogok, tapi ngga akan selamanya.

Saat ini disembur tapi ngga akan selamanya.

Ada masanya semua kok. Jadi sama-sama semangat yahh.

Lalu mungkin kalo pada suka bingung porsi makan anak itu seberapa, aku pake panduan ini selama ini:

https://www.organiccookeryschool.org/blog/toddler-portion-sizes-ideas-and-strategies-to-ensure-your-toddlers-diet-is-balanced-and-varied?format=amp

Semoga membantu ❤

Advertisements

2 thoughts on “Balada Makan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s