Potty Train Your Child (BAHASA)

Hello.. Today aku mau sharing soal Potty Training.

Kalo jaman oma dan mami aku yah, kita anak-anaknya ini udah di potty train sejak umur 3 bulan. Kalo aku tanya apa berhasil anak 3 bulan di potty train, jawaban mereka adalah “lupa… tapi kayaknya si bisa kok dulu” 😁

Nahh aku emang lagi cari-cari tau (belajar) soal potty training ini mengingat umur Darren uda mau setaon juga. Biar segera byebye pampers gitu. Lumayan loh cost nya berkurang #otakaccountant

Kalo dari segala web dan research yang aku baca, baby sebenernya bisa di potty train minim ketika dia 18 bulan.

Lohh kok telat amat 18 bulan?

Kata research sih soalnya sebelum si baby 18 bulan, dia belum bisa ngerti dan take control badan dan perasaan dia.

Paling manjur mujarab dan cepet adalah melakukan training di usia 2 taon. Dijamin cepet lepas sama pampers soalnya dia udah benar-benar paham.

Nah pasti kita mikir, “ah engga, si A bisa kok potty training. Berhasil”

Ini kembali lagi tiap anak beda-beda. Ada yang sesuai pada umumnya, ada yang lebih cepat, ada yang lebih lambat.

Research malah bilang kalo baby di bawah 18 bulan sebenernya bukan dia yang jago tapi parents dan caregiver yang jago. Udah tau duluan mimiknya kalo si anak mau pee ato poop 😊

Menurut kalian gimana?

Pengalaman aku… Aku potty training Darren sejak dia 9 bulan.

Ngga berhasil ahahahahhahaha. Kalo lagi berhasil cuman murni kebetulan aja emang sih.

Jadi kayak kalo dia uda kentut, aku langsung taro di kamar mandi dan siapin toilet cushion baby. Ngga berapa lama dia poop. Bukan karena dia paham. Karena aku yang uda tau tanda dia aja.

Kalo aku coba sebelom dia kentut, dibiasain di jam tertentu itu aku dudukin, dia juga diem aja ngga keluarin apa-apa.

Dari sini aku mikir, okayy maybe Darren kayak anak pada umumnya. Jadi nanti usia 18 bulan baru aku mau coba lagi.

As for now, aku tetep dudukin dia tiap dia kentut sih.

Bukan training. Lebih ke higienis dan gampang bersihinnya. Tinggal pake jet shower siram, bilas, flush.

Kalo biarin dia poop di pampers bakal rempong banget kan siapin kapas, basahin, pake tissue basah lagi, belom lagi poopnya mesti dibungkus rapet dulu dan sebagainya 🙂

Nah buat para ibu yang mau potty train sedini mungkin, boleh aja ya. Karena sekali lagi kita ngga tau kan anak kita yang tipe apa.

Hanya saja kalau belum beruntung, jangan sedih, minder, putus asa, marah atau ngerasa si baby kok ngga bisa-bisa 🙂 Give your child a time, nanti pasti bisa sendiri kok asal diajarin.

Ini juga berlaku buat segala milestones perkembangan baby.

Darren ini selalu telat 1-3 bulan dari yang seharusnya. Tapi aku ngga putus asa. Ajarin dia. Dan ngga maksa atau marahin juga.

Tiba-tiba aja dia bisa sendiri. Misal semalem belom bisa tengkurep, eh besok tiba2 udah bisa. Bisa bolak balik malah.

Lama banget ngga merangkak. Tiba-tiba, dia uda merangkak cepet lari sendiri.

Mungkin kondisi yang seperti ini juga yang bikin aku lebih take it easy dan slow yah. Asal anak tetep mengikuti dan ngga tertinggal aja. Asal semua masih sesuai batas normalnya.

Mungkin sekian dulu blog Parenting hari ini. Ini aku bakal update setelah Darren 18 bulan. Biar tau kelanjutan cerita dan tips and tricksnya hehe.

Have a good day para orang tua hebat!❤

___________________

And here’s one of the best sources that i find super related and helpful for all stuffs about baby and pregnancy:

http://www.whattoexpect.com/first-year/baby-care/infant-potty-training.aspx?pos=1&xid=nl_YourDailyNewsletterfromWhattoExpect_20170309

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s