Mpasi 6-10 Bulan (BAHASA)

Halo semuanya. Hari ini aku mau share tentang MPASI (Makanan Pendamping Asi). I know this theme might out of topic, that's why i put it under "Parenting" category. So you can always go back and check it when you need this in the future.

In the mean time, ini bisa jadi bahan bacaan dan pengetahuan tambahan aja hehe.

Let's start!

Sebagai orang tua, ketika baby memasuki usia 6 bulan akan menjadi milestone menarik. Karena di masa ini, baby mulai berkenalan dengan solid food.

Langkah awal pengenalan selalu dimulai dengan makanbubur tepung beras merah. Di luaran banyak banget yang jual instant. Tapi aku mau ngajakin para mommies buat bikin sendiri karena gampang kok. Lalu juga lebih sehat dan bersih, tanpa bahan kimia, pengawet dan lain sebagainya. (Resep di bawah article ini ya)

Lalu setelah 2 minggu, bubur tepung beras merah mulai diganti dengan bubur beras saring halus.

Pada saat mulai makan bubur beras ini, kita sudah boleh menambahkan kaldu daging sapi/ayam, sayur, daging sapi, tapi ingat semua harus disaring halus/blender.

Lalu memasuki usia 7 bulan, buburnya masih disaring tapi ngga pake blender lagi. Usia 8 bulan, bubur kasar sudah mulai boleh diperkenalkan.

Selain bubur, baby juga boleh makan buah dan snack loh.

Kebetulan untuk snack, favorit anak aku adalah Rice Crackers dan Biscott.

Rice Crackers dan Biscott sama-sama padat dipenampilan dan dipegang, tapi langsung lumay di dalam mulut.

Karena Darren kalo makan hardcore, digenggam keras-keras, pake dipukul-pukulin sana sini dulu baru masuk mulut, yang Rice Crackers biasanya jadi pecah berantakan. Remah-remah di mana-mana.

Akhirnya aku cobain yang Biscott. Jauh lebih kuat dan padat hahahaha ngga berantakan deh makannya.

Untuk rasa, Rice Crackers gluten free, rasa manisnya dari buah asli, sedangkan Biscott walau ngga tertulis pemanis, tidak tertulis juga gluten free, dan rasanya emang jauh lebih manis tasty. 

Kadang jadi galau juga ngasihnya. Makanya snacknya diberikan kalo dia uda gigit sana sini aja haha.

(Full Review about these 2 products you can visit Darren's Instagram by simply clicking this)

•••

Yang perlu diperhatikan saat pemberian Mpasi dimulai adalah

  • Jangan sampai mengurangi konsumsi susu/asi demi anak makan banyak.

Namanya MPAsi = makanan pendamping, berarti hanya sebagai tambahan. Sekunder.

Kebutuhan utama baby hingga 1 tahun masih bergantung pada susu.

  • Bayi belajar mengunyah bahkan sebelum giginya muncul. 

Bayi belajar mengunyah dari gusinya juga. Kuat banget kok. Baby aku bisa matahin mangga potong cuman dari gusinya, dikunyah-kunyah, lalu dimakan hehe aku juga amazed!

  • Jangan terlalu lama memberi bubur tepung dan bubur halus.

Karena apabila terlalu lama, nanti baby jadi PeWe, ngga mau belajar mengunyah dan ujung-ujungnya nanti kita para ibu yang susah lagi.

  • Makanan bayi harus selalu fresh.

Sebisa mungkin hindari menghangatkan ulang atau disimpan di lemari es. Namun apabila kondisinya tidak memungkikan, make sure aja suhu udara, tempat penyimpanan selalu proper sehingga ngga ada bakteri jahat yang masuk.

•••

Di luar sana banyak banget buku tentang resep MPAsi dan lain sebagainya. Saran saya sebagai ibu, gunakan insting keibuan dan dicoba aja. Trials and errors sampe ketemu yang bayi kita suka.

Soalnya pengalaman pribadi juga, baca buku resep dan ngikutin resep online ternyata takarannya ngga pas buat baby aku. Kadang terlalu keras, kadang terlalu cair, kadang makanannya over kebanyakan. Jadi semua harus disesuaikan dan feeling sendiri malah bener dan pas takarannya.

Satu lagi buat para mom and dad baru, memperkenalkan solid food ngga semudah yang dilihat di foto orang-orang kok.

Yang kelihatan anaknya makan lahap, makan ketawa dan lain sebagainya.

Semua, ya, SEMUA orang tua akan struggle kok. Tinggal strugglenya seberapa lama dan seberapa berat.

Dari 1 foto atau video yang bagus itu, percayalah, ada 10 foto video lainnya yang anaknya nangis dan batal di post hehe batal pamer istilahnya 😂 So cheer up! We've been there and we finished strong!

Darren juga ngga tentu banget. Kadang habis lahap, kadang nangis-nangis, kadang harus pake break time dulu dan banyak adegan drama lainnya.

Kalau Darren pokoknya harus dijaga moodnya biar happy. Sediain mainan, makan sambil digendong jalan-jalan liat sana sini, makan sambil liatin mami daddy nya makan, dan lain sebagainya 😁 #thuglife! Lol

Jadi semangat semuanya yah!! 

Semoga article ini menambah pengetahuan dan semangat buat para new moms and dads yang mau memperkenalkan solid food dan bingung-bingung.

And i'll end this article by sharing the recipe i've promised. Kalo mau lebih detail lagi boleh check instagram Darren Raphael dan search aja pakai # hashtag. #darrenpicks, #darrenmoments, atau #mpasi(bulan)darren –> contoh mau tau usia 6 bulan Darren makan apa, type #mpasi6darren 🙏🏻

Okayy let's start with the recipes:

Bubur Tepung Beras Merah – 6 Mos

Bahan: Beras Merah , Beras Putih

Alat: Penumbuk, Saringan, Frying Pan, Wadah Penyimpan (Toples/kaca)

Cara:

  1. Ambil beras merah dan putih secukupnya (saya ambil 3 genggam beras merah dan 3 genggam beras putih) Pilih beras merah dan beras putih, bersihkan dari batu dan kotoran lainnya
  2. Campur beras pilihan lalu tumbuk hingga hancur
  3. Saring lagi hasil tumbukan sehingga yang dikumpulkan benar-benar yang sehalus tepung
  4. Ulangi menumbuk dan menyaring hingga terkumpul jumlah yang diingankan dan sehalus mungkin
  5. Diamkan sehari untuk memastikan tepung kering
  6. Siapkan frying pan dengan api kecil, ketika panas, masukkan tepung. Sangrai hingga berwarna merah kecoklatan dan jangan sampai gosong. (Sekitar 5 menit)
  7. Dinginkan lalu simpan dalam wadah tutup rapat.

Ketika baby mau makan, tinggal ambil bubur tepung secukupnya, lalu didihkan air, dan campur hingga mendidih. Jangan lupa menambahkan asi/susu juga sehingga bayi tidak kaget dengan rasanya.

Untuk Darren, takaran yang pas untuk sekali makan adalah 1 sendok makan dewasa tepung beras dicampur dengan 1 sendok takar susu (30 ml).

•••

Bubur Beras Saring Halus – 6.5 Mos


Bahan: Beras Putih, Kaldu Ayam, Sayur, Daging Cacah

Cara:

  1. Cuci  bersih beras. Rendam beras semalaman sehingga mudah lunak
  2. Esok harinya siapkan panci kecil, nyalakan kompor, masukkan beras dengan air secukupnya, aduk-aduk
  3. Ketika beras mulai melunak, masukkan sayur yang sudah dipotong halus, tambahkan kuah kaldu untuk merebus bersama dengan beras tadi
  4. Ketika sudah lunak, masukkan daging cacah dan kaldu. Aduk jangan sampai gosong
  5. Kalau sudah matang, masukkan dalam blender dan haluskan.

Ketika bayi mulai makan bubur kasar, step nomor 5 bisa di skip.

Untuk takaran Darren, berasnya adalah 1 sendok makan dewasa. Sayur yang digunakan ketika 7 bulan hanya brokoli, wortel, dan bayam.

Bubur Beras Kasar – 8 Mos

Ketika 8 bulan, mulai ditambah telur (selalu start dengan kuning telur ya mom, sampai 2 minggu baru boleh putihnya juga), daging ayam (dada), hati sapi, ikan, tahu tempe dan lain sebagainya.

Nasi Meesua – 10 Mos


How to cook?

•Daging = cincang halus, masak hingga matang

•Nasi = nasi putih biasa (seperti orang dewasa)

•Meesua = Cap Orang Tua, Rebus hingga matang, tiriskan.

•Meesua, Nasi , Daging campur jadi satu dalam panci, tambahkan kuah kaldu, dan masukkan telur ayam kampung yang sudah dikocok.

Tunggu hingga semua matang, sajikan.

Veggie Beef Fusili – 10 Mos


1. Bayam, wortel, brokoli dipotong tipis, kukus sebentar.

2. Daging sapi cincang halus, masak beserta kaldu.

3. Campur daging dan sayuran, blender sebentar. Tambahkan kuah kaldu.

4. Rebus Fusili Corn Spiral ORGAN, tambahkan EVOO biar tidak lengket.

Setelah tekstur fusili cukup lembut untuk dikunyah baby, angkat dan sajikan hangat.

Veggie Beef Mashed Potato – 7 Mos


1. Kupas dan cincang bawang bombai

2. Cincang halus daging dan sayuran (brokoli, bayam, wortel) matangkan dengan direbus bersama kaldu

3. Kupas kentang, potong kecil-kecil lalu kukus hingga matang.

4. Siapkan teflon anti lengket, beri EVOO, tumis bawang bombai hingga kecoklatan (jangan gosong)

5. Masukkan daging dan sayuran, tumis hingga berbau wangi. Lalu campurkan kentang yang sudah dikukus. Masak dan aduk dengan api kecil sampai lembek dan menyatu. Tambahkan juga kuah kaldu sehingga lebih meresap dan tekstur tidak kering. 

Baked Salmon Cheese Rice – 10Mos


1. Masak brokoli dan wortel dengan kaldu hingga matang

2. Frying pan dipanaskan, tuang EVOO, masukkan bawang bombai dan bawang putih yang sudah dirajang halus. Tunggu sampai kecoklatan.

3. Lumuri salmon dengan timun, potong tipis lalu masukkan frying pan hingga matang.

4. Nasi dicampurkan ke dalam frying pan, berikan kaldu dan tambahkan brokoli + wortel

5. Setelah rata semua, masukkan dalam wadah tahan panas. Parut keju cheddar sedikit. Tutup dengan kertas aluminium foil. Kukus atau oven (sesuai selera) selama 15-20 menit

Perkedel Kentang Daging – 10 Mos


1. Kupas kentang, kukus dan lumatkan

2. Kukus daging cincang, lumatkan

3. Daging dan kentang dijadikan satu, tambahkan telur kocok dan bawang putih dan bombay (biar wangi dan sedap) aduk rata dan buat bulat2.

4. Siapkan teflon, tuang EVOO/VCO secukupnya (tdk perlu sampe adonan tenggelam biar makanan baby tdk terlalu berminyak) , masukkan adonan. Goreng hingga matang kecoklatan 
Selamat mencoba ❤️

Advertisements

3 thoughts on “Mpasi 6-10 Bulan (BAHASA)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s