All About My Pregnancy Moments

Hello semua..
Aku tau sebagian besar pembaca blog ini belum menikah atau punya anak. Tapi aku pingin share sedikit tentang proses selama hamil, lahiran dan parenting nya 🙂
❤️ Proses Hamil

  
Awal tau lagi hamil itu perasaannya campur aduk kalo aku. Antara seneng banget kesampaian punya baby, juga tiba-tiba dag dig dug takut ngga bisa jadi parents yang baik, dag dig dug mikirin biaya, cemas bisa ngga ngedidik anaknya.

Cuman setelah USG pertama kali, segala dag dig dug nya hilang total.

Malah semangat ngga sabar banget buat cepetan bisa liat si baby.
Seperti ditulisan sebelomnya, my first trimester itu super worst. Ngga cuman mual di pagi hari, aku all day long! Lalu ngga bisa makan nasi. Ngga bisa denger orang sebut “indomie”. 3 bulan itu bener-bener clean eating aku. No junk food, banyak sayur buah jus dan susu. No rice 😦

Alhasil, berat badan drop dari 47 ke 43-44 kg.

Tapi praise God banget si walau aku ngga bisa makan, berat drop terus, si baby beratnya selalu ideal. Sesuai usia kandungan.
Oh ya kalo nanya “cici ada ngidam ngga? Atau mungkin suami?” Jawabannya adalah ENGGA hahahaha.. Tapi aku ada effect lainnya. Bawaan baby.

Kulit leher, armpit, sama perut aku super hitam. Kayak dekil ngga mandi. Sampe aku gosok2 lecet2 juga no use haha hopeless. Setelah aku dikasi tau kalo itu bawaan baby and once baby lahir nanti perlahan hilang…. Ya udah lega dan diterima dulu aja kedekilannya 😀 LOL
Suffered di first trimester, my second and third trimester went super well. Makannya buanyak, sering banget, belum lagi ngemilnya. Tiap bulan aku naik minimal 4kg.
Akhirnya tiba di minggu ke 38 kehamilan, berat aku 58.7 kg. Baby lahir 2.9 kg (sesuai sama usia kehamilan lagi), lalu abis seminggu lewat, berat aku masih 54 :((

Padahal ngurus bayi sendiri. No nanny LOL
“Dekilnya gimana cici?” Aku kira bakal instantly gone! Ternyata engga LOL. Tapi mulai pudar. Leher udah 100% putih. Armpit and stomach umm still progressing. Udah memudar cuman masih obvious too see.
❤️ Proses Bersalin

  
Udah pada tau kan ya aku operasi? Selain karena aku ini ngga tahan sakit dan takut banget, emang pada dasarnya ngga mungkin buat normal juga.

Minus aku uda 5 lebih. Which is high risk buat mengalami pembuluh darah pecah ketika mengejan (bahasa jawa: ngeden, bahasa lebih simple: atur nafas buat ngedorong baby keluar).

Jadi kalo emang mau normal, juga ditengah-tengah akan dibantu vacuum. I don’t like it!

Kayak 8 dari 10 kasus baby divacuum, itu semua babynya jadi ngga sempurna.

Entah kepala lonjong, telinganya jadi patah karena ketarik, mukanya kenapa, rambut engga tumbuh dll dll dll (u can do ur own research).

Jadi aku pilih cesar aja.
Walau orang bilang “ih cesar mah ngga sakit. Ngga serem. Semua orang juga bisa. Resikonya ngga ada. Ngga meregang nyawa kayak lahir normal”

Well, for those brave women out there mungkin bener. Not for me.

Aku itu ambil darah di lab aja uda nangis. Buat aku cesar jelas BIG DEAL! Diinfus, disuntik di deket tulang belakang, dibedah, dijahit, dicateter, GOSH couldn’t imagine bakal ditusuk2 semua. Entah mau nangis cara apa aku.
Bahkan aku stress haha. Beberapa hari mau lahiran aku makin kenceng doa sama nyanyi2 lagu rohani buat nguatin diri sendiri. Sampe diketawain sama suami aku.

Masa kata dia gini “gila, neraka goncang! Penghuninya kabur satu pindah ke sorga”

My husband emang super ngebetein hahahahahhaa but I LOVE YOU SO MUCH BOO!! I don’t think i can survive the whole process kalo ngga ada dukungan kamu juga ❤️
Okay kenyataannya adalah….. Infus itu jauh lebih sakit daripada disuntik tulang belakang, daripada dibedah, daripada cateter dilepas!!! LOL! Padahal pengalaman orang2 katanya lepas kateter mayan berasa.
Lalu orang bilang pasca operasi, gerak susah, jalan susah, bekas jahitan suka ngilu.

Well, iyaaaa aku alamin semua itu sebelom babynya dibawa masuk ke kamar aku.

Setelah babynya masuk ke kamar aku, tidur di sana, aku langsung bisa gerak sana sini.

Saking kepengennya gendong sama liatin baby juga kali yah. Motivasinya positive, segala rasa sakit jadi hilang.
Jadi kalo anak kedua nanti, uda ngga takut buat operasi LOL..
Oh iya, operasinya juga cepet banget kok.

Aku masuk RS jam 5 pagi. Itu udah puasa sejak jam 2 subuh.

Sampe di RS diinfus sama elektrolit. Lalu jam 8.30 pagi mulai dibawa masuk ke ruang operasi.

Disuntik belakangnya buat bius lokal (yessss bisa ngobrol ama dokter-dokternya, bisa denger suara baby nangis. Mati rasa perut ke bawah aja hehe)

Jam 9.00 operasi dimulai.

9.35 baby Darren keluar, lalu jam 10.00 selesai dijahit.

Yang lama di ruang pemulihan.. 2 jam.

Itu menggigil-menggigil, efek dari obatnya. Sambil setengah sadar ngga sadar. Cape banget kayaknya.

Suami aku ada videonya hehe suami boleh ikut masuk 😊 mayan ada yang nenangin lagi. Soalnya di dada kan dikasih kayak tirai jadi ngga bisa keliatan, lalu perut mati rasa, kayak diteken-teken doang. Jadi aku sering tanya “ini lagi diapain? Belom keluar babynya?”

#bawel
Ehh 1 hal lagi LOL, aku ke ruang operasi bawa hp sama headset. Dengerin lagu gereja lagi biar tenang hahahahahaha (ya segitu itu lah takutnya aku hahaha butuh extra comfort hahaha)
❤️ Parenting

  
Today saat aku nulis ini adalah tanggal 13 April 2016. Baby Darren umurnya 11 hari.

Dalem 11 hari ini, aku rasa aku nangis selama 7 hari :,)

Ada details yang biar aku sama keluarga and my very close friends aja yang tau. Yang pasti, keep him in your prayer aja biar Baby D tumbuh sehat sempurna and perfectly normal 🙂 ❤️

 ini baby D di phototeraphy/sinar karena kuning. Bukan yang details I dont want to share in public hehe 

Jadi antara rasa seneng, sedih liat kondisi dia, kepikiran future dia, sama cape ngurusin dia itu campur aduk jadi 1.
Kalo bilang new mom biasanya takut gendong, takut breastfeeding, takut mandiin, YES aku juga awalnya takut semua. Cuman aku berhasil kok.

Aku sendiri yang mandiin tanpa bantuan, aku gendong, aku breastfeed juga. Tho emang sakit si yang breastfeed, nyeri gitu awalnya. Lalu luka sampe bedarah dan berasa kayak ada kulit yang mau lepas.

Cuman now uda ngga berasa. Uda perfectly normal, no breakouts, no bleeding 🙂

Tiap 3 jam si baby kebangun minta susu. Lalu pee sama poo juga.

Sleep

Eat

Pee

Poo

Repeat
Aku sama Edo ngga sampe begadang si. Soalnya baby D terhitung ngga rewel. Tho tiap 3 jam dia bangun (termasuk subuh), tapi abis dikasih asi dia mau bubuk lagi.

Ada sesekali sampe 3-5 jam ngga mau tidur.

Fun and tiring 😁
However tepatnya 11 April, hari ultah aku, aku kena syndrome baby blues! A bit too late, i know 🙂

Biasanya yang baby blues uda dari awal liat baby gitu. Aku seminggu aman aja.
Nah bertepatan sama Bday, I expect buat bisa celebrate gitulah walo cuman di rumah. (Chinese tradition, ga boleh keluar rumah sebelom 30 hari. Cuman bole kalo emang kontrol dokter gt.
Ga boleh mandi, ga boleh keramas, ga boleh nyentuh lantai tanpa sandal. Ngga boleh nangis —- yg ini semua aku ngga bisa turutin. Aku tetep mandi, cuci rambut, suka lupa pake sendal, dan sering nangis kepikiran si baby)
Lanjut…. Ternyata 11 April si baby rewel gitu. Jadi aku berasanya super lelah.

Kayak i can’t celebrate, mau foto keluarga jadi batal semua, mau ini itu batal.

Mendadak mellow. Merasa “i’m not ready for this. This is too much.. Too tiring. I need my “me time”, i need time alone with Edo, i want my family n friends focus on me”
Thanked God nya aku baby blues cm nangis2 sendiri. Ngga kayak most moms yang sampe ngga mau pegang babynya beberapa saat.
Thanked God lagi i have super helpful and supportive husband, Edo. Walo I dragged myself away, tapi dia tetep deketin aku. Tenangin aku. My parents and sis juga super sabar menenangkan, ngebantuin, kasih surprise tho aku ngga bisa senyum gimana.

My friends!! Mereka juga kasih suprises. Spent time with me ngelawan baby blues.

To remind me, through all these, i still have them. Dan mereka peduli.

Not only kasih surprise ngebahagiain maminya, tapi doing research and believing the words together for total healing and miracles buat Baby D ❤️
Indeed, aku berasa i’m blessed beyond measure! Thanks God.
If you wanna know more about baby blues, gimana cara ngatasinnya, u can read more di : All About Baby Blues
Website ini super ngebantu si.

Selain itu, perlu support dari keluarga dan pasangan juga.
Tanggal 12 sampe today, udah no more baby blues!! Yayyy!!

Udah semangat lagi ngurusin baby D.

Udah ngga nangis juga kepikiran kondisi dia.

Adanya semangat, dan doa aja..
Just like God reminded me about my pregnancy jouney and chose “Raphael” The Healing God to become Darren’s middle name, ini juga proses lagi…. Proses ngebuktiin kalo IYA DIA TUHAN yang menyembuhkan. Yang memulihkan semua situasi jelek.
And my fav verse to meditate on this new journey of parenting and expecting miracles: Jeremiah 29:11-13

11) For I know the thoughts that I think toward you, saith the LORD, thoughts of peace, and not of evil, to give you an expected end.(12) Then shall ye call upon me, and ye shall go and pray unto me, and I will hearken unto you. (13) And ye shall seek me, and find me, when ye shall search for me with all your heart.
Amen 🙂
Ps: if you’re asking me “ci baby blues kok bisa foto endorse cake dari Keikenko?”

  
Aku baru makan dan foto di tanggal 12 LOL!!

Tanggal 11 pokoknya nangis doang kerjaannya.

The cake is supaaa good seriously!!

  Marble Cake coated with Choco and Cheese

Pie pie nya juga!!! My fav yang buah-buah an. Segerrr..

Silahkan di order hehehe..
Sekian sedikit cerita aku 🙂

Jadi buat kalian yang pingin banget punya baby.. It’s not going to be easy and fun as u might think or imagine, but it is worth it!!
Buat yang takut operasi juga, ahhh kalo aku aja yang super cemen penakut dan ga tahan sakit aja bisa kok, ngga sakit sama sekali, bisa enjoy dan ready kalo operasi lagi ato harus infus ato apapun itu…..

Aku yakin kamu lebih kuat dari aku hehehehe ❤️

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s